Tutorial dasar dan Pengenalan ArchiCad Buat Pemula


Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan kepada kalian beberapa tutorial dasar dan pengenalan dalam menggunakan ArchiCad.

Archicad sendiri merupakan software pembuatan model 3D berbasis arsitektur yang bisa kalian gunakan tanpa harus mahir dalam membuat model 3D di software 3D secara umum. Dengan menggunakan Archicad kalian dapat membuat berbagai macam jenis bangunan rumah / gedung berdasarkan tool yang ada pada software ini.

Nah sebelum dapat membuat sebuah model rumah pada software ini, terlebih dahulu kalian harus mengetahui dasar-dasar dalam menggunakan software ini yang bisa kalian ikuti pada tutorial dasar dan pengenalan Archicad di bawah ini.

1. Sistem Antar Muka ( InterFace)



Seperti halnya seperti software 3D yang lain, Archicad memiliki sistem antar muka yang bisa kalian gunakan untuk membuat model 3D bangunan. Pada sistem antar muka Archicad memiliki tampilan yang agak banyak dan lumayan sederhana sehingga kalian dapat dengan cepat beradaptasi dengan sistem antar muka pada software ini. Berikut penjelasan dari sistem antara muka pada Archicad.

Menu Bar


merupakan kumpulan menu perintah dan pengaturan dalam pembuatan model. Banyak perintah dalam pembuatan model yang tidak ada pada tampilan antara muka utama berada pada menu bar sehingga kalian akan sering-sering berkunjung ke menu bar ini.

Tool bar


merupakan kumpulan perintah pengaturan pada sebuah model yang kita kerjakan. Seperti halnya memotong, membesarkan objek dll.

Info Bar


Merupakan kumpulan informasi dan pengaturan pada sebuah model yang kita buat. Seperti halnya apabila kita membuat sebuah atap maka Info bar akan menunjukkan informasi dari struktur atap itu sendiri sehingga kita dapat mengubah tinggi, jenis sebuah atap pada Info bar.

Tool Box
merupakan kumpulan komponen model yang bisa kita gunakan dalam membuat model bangunan seperti halnya tembok, atap, lantai, pintu, jendela dll.


Tab Bar


merupakan Bar tampilan dari jendela utama sebuah model. Kalian bisa memilih tampilan 2 dimensi atau 3 dimensi sesuai kebutuhan kalian.

Quick Option Bar


merupakan kumpulan akses perintah tambahan dalam pembuatan model.

Jika kalian sudah mengerti tentang sistem antar muka pada Archicad, selanjutnya kita akan membahas tentang kumpulan perintah dasar dalam membuat model yang kita inginkan.

2. Cara membuat Objek


Dalam tutorial ini saya akan membuat sebuah objek yaitu tembok secara sederhana. Untuk pembuatan model yang lain kalian dapat mengikuti tutorial lanjutannya.


  • Pertama pilih tab tampilan 2d pada lembar kerja archicad kalian.

  • Kemudian pilih wall Tool yang ada pada Tool box. Kemudian tekan arah kanan pada wall tool dan pilih generic interior wall



  • Lalu klik ditempat sesuai keinginan kalian setelah itu pilih arah dan tuliskan jarak tembok yang diinginkan dengan menekan angka secara langsung lalu enter.



  • Untuk menyambung tembok, arahkan kursor ke ujung tembok sampai ada tanda centang dan lingkaran. Jika telah terkunci kemudian klik dan arahkan tembok baru sesuai keinginan seperti pada langkah di atas dan enter.

   


  • Lakukan sampai terbentuk alur tembok yang diinginkan. Untuk membuat arah menjadi tegak lurus tekan dan tahan SHIFT ketika mengarahkan tembok.

  


3. Cara memindahkan Objek

  • Untuk melakukan itu semua cukup mudah. Pertama pilih model yang akan kalian berikan perintah.



  • Kemudian klik dan tahan pada model sehingga keluar menu perintah seperti pada gambar di bawah.



  • Lalu pilih perintah move atau tekan CTRL + D ,kemudian arahkan objek ke tempat yang diinginkan

4. Cara memutar Objek

  • Pertama pilih model yang akan kalian berikan perintah.
  • Kemudian klik dan tahan pada model sehingga keluar menu perintah seperti pada gambar di bawah.



  • Lalu pilih perintah Rotate atau tekan CTRL + E ,kemudian pilih titik putaran dan lakukan putaran pada objek yang diinginkan.

5. Cara Mirror sebuah Objek

  • Pertama pilih model yang akan kalian berikan perintah.
  • Kemudian klik dan tahan pada model sehingga keluar menu perintah seperti pada gambar di bawah.



  • Lalu pilih perintah mirror atau tekan CTRL + M , kemudian buat garis acuan mirror maka objek akan secara otomatis tercermin

6. Cara menggandakan Objek


Dalam menggandakan objek terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

1. Menggandakan objek secara langsung
  • pertama pilih objek yang akan digandakan
  • kemudian tekan CTRL + SHIFT + D lalu pilih titik acuan objek yang akan digandakan dan gandakan objek berdasarkan arah yang kalian inginkan.


2. Menggandakan objek berdasarkan pola.
  • Pertama pilih objek yang akan digandakan
  • kemudian klik kiri dan tahan pada objek hingga muncul menu lalu pilih menu multiply.



  • Pada pengaturan multiply terdapat beberapa pilihan pengaturan penggandaan berdasarkan pola.

Drag
Merupakan penggandaan objek berdasarkan alur garis yang dibuat.

  • Untuk melakukannya pertama buatlah alur garis dengan cara pilih menu document pada tool box dan pilih Line. Setelah itu buatlah alur garis sesuai keinginan.



  • Kemuidan pilih objek yang akan digandakan dan plih salah satu menu penggandaan yang tersedia di tab drag pada pengaturan multply.



  • Setelah itu pilih garis pola yang telah dibuat tadi dan pilih titik acuan penggandaan objek.

 


  • Maka objek akan tergandakan sesuai dengan pola yang telah dibuat tadi.


Rotate
merupakan penggandan objek dengan pola melingkar

  • untuk melakukannya hampir sama dengan cara drag namun kita tidak perlu membuat garis pola
  • Jika telah terpilih objek yang akan digandakan kemudian pilih salah satu menu penggandaan yang tersedia pada tab rotate setelah itu pilih titik acuan poros pola lingkarannya maka objek akan tergandakan dengan pola melingkar.


Elevate
Elevate merupakan penggandaan berdasarkan ketinggian objek.
  • Cara melakakan penggandaan ini hampir sama dengan ke dua pola diatas.


Matriks
matriks merupakan penggandaan berdasarkan pola matrik.
  • Cara melakakan penggandaan ini hampir sama dengan ke dua pola diatas.


7. Cara menghapus Wall / Tembok dengan cepat

  • untuk mengapus tembok dengan cepat kalian dapat menekan CTRL + Klik kiri pada tembok atau wall yang diinginkan.

 


  • Atau kalian juga dapat melakukan dengan cara manual dengan memilih tool Cut  pada Tool box

8. Cara melakukan Skala pada Objek

  • untuk melakukan skala pada objek kalian terlebih dahulu memilih objek yang akan di skala. Kemudian tekan CTRL + K atau pilih scale Tool pada Tool box.
  • Maka pengaturan skala akan muncul dan lakukan ukuran skala terhadap objek sesuai keinginan kalian dan klik ok.



  • Pilih titik acuan skala maka objek akan ter skala sesuai pengaturan yang kalian berikan.

              


Nah, Itu semua perintah-perintah dasar dalam menggunakan Archicad yang bisa kalian pelajari. Untuk tutorial lebih lanjut kalian dapat mengikuti tutorial Archicad lainnya di Blog ini.


/* www.3dbagus.com

1 comment:

  1. Sangat bermanfaat, semoga ilmu nya jadi jariyah, aamiin

    ReplyDelete