Tutorial Belajar SketchUp Bahasa Indonesia Lengkap




Bingung mau belajar google sketchup ??? Nah, bagi kalian yang ingin mempelajari software pembuatan 3D yang satu ini, bisa dapat langsung mempelajari dari daftar tutorial yang saya berikan dipostingan kali ini.

Daftar tutorial Google SketchUp pada blog ini akan membantu kalian dalam mempelajari bagaimana cara membuat model 3D hingga rendering pada google SketchUp sehingga kalian tidak perlu untuk membeli buku tutorial hanya untuk mempelajari software 3D yang bombastis ini...

Tutorial dalam blog ini berisi tentang pembuatan bentuk yang sederhana hingga bentuk yang rumit sehingga sangat cocok bagi kalian yang ingin belajar google SketchUp dari taraf pemula hingga taraf expert level.

Jadi siapkan kopi kalian dan berikut adalah daftar tutorial tutorialnya.  


Download link Sketchup plugin

Inspirasi Desain

Tutorial Dasar dan Pengenalan (Level 1)
pada tutorial ini kalian akan belajar bagaimana menggunakan SketchUp secara mendasar sehingga dengan menguasai level ini kalian dapat menguasai SketchUP secara yang umum dimana akan mempermudah kalian untuk mempelajari tutorial di level selanjutnya.



Tutorial Dasar dan Lanjutan (Level 2)
Pada level ini kalian akan mempelajari bagaiamana cara melakukan berbagai pengaturan dan trik penggunaan SketchUp yang diamana hal tersebut akan membantu kalian dalam mempercepat pembuatan berbagai macam model 3D.

Tutorial Membuat Bentuk Sederhana (Level 3)
Pada level ini kalian akan mempelajari berbagai pembuatan bentuk model 3D yang sederhana. hal ini akan membantu kalian untuk menambah skil dan kebiasaan kalian dalam menggunakan SketchUp.



Tutorial Menengah Ke Atas (Level 4)
Pada level ini merupakan tutorial pembuatan bentuk model yang cukup rumit. bagi kalian yang ingin memperdalam dan mengasah skill dalam membuat berbagai macam model pada SketchUP, kalian dapat mengikuti berbagai macam tutorial pada level ini.



Tutorial LayOut
Pada tutorial ini menjelaskan bagaimana cara menggunakan LayOut secara dasar sehingga kalian dapat membuat persentasi pada model 3D yang telah dibuat pada SketchUp.

Tutorial Rendering DenganN Twilight
Pada level ini merupakan tutorial rendering dengan menggunakan plugin tool Twilight Rendering Hobby. plugin tool ini merupakan plugin render tool yang bisa kalian dapatkan secara gratis namun hasil render yang didapat cukup bagus. rekomended bagi kalian yang ingin melakukan rendering dengan plugin tool gratis.


Tutorial Rendering Dengan V-RAY
Tutorial ini merupakan tutorial rendering dengan mengguankan V-ray rendering tool. V-ray sendiri merupakan rendering tool berbayar yang banyak digunakan oleh pengguna SketchUp untuk menghasilkan gambar render yang cukup nyata.
/* www.3dbagus.com

4 comments:

  1. makasih om atas ilmu nya . sangat bermanfaat banget

    ReplyDelete
  2. Ada tidak yang sudah dikemas dalam satu file tutorialnya sketchup?? jadi download nggak satu per satu. Mksh

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. mantap gan...

    gan punya link download vray 2014 32 bit...
    inbox gan same.arifin69@gmail.com

    ReplyDelete