Dalam kesempatan ini saya akan jelaskan kepada kalian bagaimana cara melakukan dasar rendering dengan menggunakan Archicad.
Rendering sendiri merupakan proses mengubah model 3D yang kita buat menjadi gambar yang memiliki keadaan senyata mungkin seperti halnya model tersebut berada di dunia nyata. Tujuan untuk melakukan rendering sendiri ialah agar model 3d yang kita buat mempersentasikan apabila model tersebut dibuat di dunia nyata. Oleh sebab itu rendering merupakan proses yang sangat penting bagi kalian yang berkecimpung dengan dunia desain arsitektur.
Untuk dapat melakukan rendering pada Archicad terdiri dari beberapa proses yang cukup sederhana yaitu Pilih model → tentukan material yang digunakan → pengaturan lingkungan → lakukan rendering. Tentunya untuk setiap proses pada produk Software 3d yang berbeda akan memiliki pengaturan yang berbeda pula. Nah, berikut cara melakukan rendering pada Archicad yang bisa kalian ikuti.
Membuat Material
- Untuk melakukan rendering pada model 3D yang kita buat, terlebih dahulu kita buat material yang akan kita aplikasikan pada model. Untuk melakukan hal tersebut pertama kalian pilih Options>Element Atribute>Surface
- Pada pengaturan Surface buatlah material baru dan masukkan tekstur gambar pada material yang baru tersebut seperti pada tutorial cara memberikan teksturbergambar.
Kemudian tentukan karakteristik material yang kalian inginkan.
Shinnes : tingkat kilapan material
Diffuse : tingkat pantulan cahaya ( jika 0 maka akan seperti cermin)
ambient : tingkat kecerahan material
Dll kalian dapat menguji coba nya sendiri.
- Setelah itu ubah engine setting menjadi CineRender by MAXON
- Lalu pada Match Setting pilih Update CineRender Setting (From basic) dan lihatlah di jendela preview. Lakukan langkah tersebut berulang ulang jika material dirasa kurang sesuai. Pada pengaturan CineRender ini kalian dapat memberikan efek bump ( timbul) dan efek lainnya sesuai dengan keinginan kalian dengan cara melakukan centang pada pengaturan yang ada.
- Jika dirasa sudah sesuai maka pilih ok
Memasukkan Material Ke Objek
- Untuk mengaplikasikan material yang telah dibuat ke objek kalian pilih Document>Creative Imaging>Surface Painter.
- Lalu pilih material yang telah kalian buat dan lakukan klik pada objek. Maka objek akan terwarnai.
- Lakukan hal yang sama untuk semua objek yang akan kalian berikan tekstur.
Melakukan Rendering
- Tentukan View yang kalian inginkan pada 3D View
- Kemudian Pilih Document>Creative Imaging>PhotoRendering Setting
- Pada pengaturan Photo rendering Setting ubahlah tingkat kecerahan cahaya dan ukuran gambar sesuai keinginan dan lakukan render dengan menekan tanda kamera dibawah.
- Tunggu hasil gambar dan hasil render siap digunakan.
/* www.3dbagus.com
No comments:
Post a Comment