Macam-Macam Rendering Tool Yang Bisa Kamu Gunakan Pada Sketchup


Rendering adalah proses menghasilkan gambar dari model yang sudah dibuat / disusun sebelumnya. Gambar yang diahsilkan dari proses rendering ini biasanya tampak seperti nyata seperti benda aslinya. SketchUp merupakan aplikasi 3d modeling yang tidak memiliki tool render didalamnya sehingga jika kalian ingin membuat model yang tampak seprti nyata kalian memerlukan plugin tool tambahan untuk melakukannya. Dalam artikel dibawah ini saya akan berikan daftar plugin tool yang dapat kalian gunakan untuk merender model SketchUp kalian.

BACA JUGA :

1. Twilight Render


Twilight merupakan salah satu plugin render tool yang bisa kalian gunakan pada SketchUp dimana terdapat dua versi dari plugin ini yaitu versi berbayar dan versi gratis (Hobby). jika kalian ingin melakukan rendering pada SketchUp tanpa mengeluarkan uang sedikitpun dengan hasil yang cukup bagus, kalian dapat menggunakan Twilight Render versi Hobby ini. kalian dapat mengikuti tutorial penggunaan Twilight render disini.

2. Vray


Merupakan salah satu plugin tool yang banyak digunakan oleh desainer untuk menghasilkan gambar photoreaslistic pada google sketchup atau aplikasi 3d lainnya. Memiliki pengaturan cukup banyak namun masih user friendly sehingga kalian dapat melakukan banyak pengaturan render sesaui keinginan kalian. V-ray ini Bisa kalian gunakan di SketchUp 2018 dan versi sebelumnya dengan berbayar.

3. Lumion 8


Lumion merupakan salah satu pugin render tool yang sangat powerfull dengan hasil gambar yang sangat realistik. dengan berbagai fitur yang di berikan oleh plugin ini, kalian dapat melakuakan berbagai macam pengaturan render yang dapat menambah tingkat photorealistic dari gambar hasil render yang dilakukan. 

4. Irender nXt


Merupakan plugin tool untuk rendering yang kalian butuhkan didalam sketchup kalian. Plugin in sangat powerfull dalam menghasilkan gambar photorealistic. Plugin ini bisa kalian gunakan di SketchUp 2017 ke bawah

5. AlLura GPU


Allura GPU ini menggunakan prosesor kartu grafis laptop kalian untuk menghasilkan gambar photorealistic dengan cepat. Semakin bagus kartu grafis yang digunakan maka semakin cepat hasil rendernya. Plugin ini dibuat untuk kalian yang ingin menghasilkan gambar photorealistic yang cantik tanpa pengaturan yang rumit.

6. ArielVision


Salah satu plugin untuk menghasilkan gambar photorealistic pada google SketchUp. Pengaturan render yang simple sehingga kalian tidak perlu repot untuk melakukan rendering di SketchUp.


7. Raylectron


Raylectron memiliki kemampuan untuk memudahkan penggunanya dalam menghasilkan gambar photorealistic pada google sketchup

8. Shaderlight


Plugin tool ini merupakan alat render phororealistic yang interaktif untuk google sSketchUp. Shaderlight merupakan partner tool rendering yang bisa kalian gunakan dalam menghasilkan gambar photorealistic pada google sketchup. Apapun pekerjaannya shaderlight menyediakan mode pilihian rendering yang intuitif dalam memaksimalkan pekerjaan kalian.

9. Thea


Thea merupakan solusi rendering tool yang serbaguna. Dilengkapi dengan multiple state-of-the-art biased dan unbiasd photorealistic render engine.

10. RENDERlights

RENDERlights menyediakan arsitek, artis visualisasi, desainer dan profesional lainnya dengan powerfull virtual reality tool.

11. Maxwell


Rendering tool yang satu memliki interface yang cukup simple dan mudah digunakan. Maxwell merupakan pilihan terbaik bagi kalian yang baru memulai mempelajari rendering. Plugin tool yang satu bisa kalian dapatkan dalam 2 versi yaitu versi berbayar dan gratis.

12. LightUp

LightUp memberikan kemampuan keadaan realtime pada model yang kalian buat dengan efek pencahayaan di dalam jendela SketchUp.

13. Render[in]


Merupakan salah satu plugin rendering tool yang powerfull untuk google SketchUp. Memiliki kemampuan rendering dengan mode panaroma yang bisa kalian gunakan untuk penglihatan 360 derajat.


itu dia daftar plugin tool pada google SketchUp yang dapat kalian gunakan untuk rendering model yang kalian buat. Semoga bermanfaat.



/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment