Software 3D Modeling Terbaik Yang Bisa Kamu Pelajari


Pernahkan kalian melihat film animasi 3D yang sangat memukau? animasi tersebut di buat oleh kalangan profesional dengan menggunakan software pembuatan model 3D. dengan hasil kerja keras dan kesabaran dalam menggambar di software 3D maka film animasi 3D pun tercipta.

Pembuatan model 3D tidak hanya untuk pembuatan film animasi saja, banyak kebutuhan akan pembuatan model 3D yang bisa kita jumpai saat ini seperti halnya untuk proyek perumahan, desain kendaraan DLL.

Bagi kalian yang ingin membuat sebuah karya 3D tentulah diperlukan sebuah software pembuat model 3D yang menunjang pula. Jika kalian mencari di internet, kalian akan tersadar bahwa banyak aplikasi 3d modeling yang beredar, di dimana setiap software 3D memliki kelebihan dan kebutuhan khusus tertentu.

untuk kalian yang bingung dalam menentukan software 3D mana yang akan kalian pelajari, kalian dapat menyimak daftar software pembuatan model 3D di bawah ini.

1. SketchUp


SketchUp adalah salah satu aplikasi 3d modeling yang paling terkenal yang dapat kalian temukan di internet. Aplikasi ini memiliki 2 versi yaitu versi gratis ( SketchUp make ) dan versi berbayar ( SketchUp Pro). Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan user friendly sehingga bagi kalian yang ingin belajar aplikasi ini akan dapat cepat menguasai aplikasi ini

SketchUp banyak digunakan untuk model arsitektur seperti pembuatan rumah dan bangunan gedung hal ini dikarenakan SketchUp sangat optimal dan mudah untuk pembuatan model yang tajam. Namun jika kalian ingin membuat model yang lebih komplek lagi aplikasi ini bisa anda gunakan dengan berbagai Plugin tool tambahan. Plugin tersebut bisa kalian download di extensions store sketchup seara gratis dan berbayar.

Kalian dapat mengetahui informasi lebih lanjut tentang software ini di Tutorial SketchUp kami.

Baca Juga :
5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Membuat Desain Rumah Dengan Mudah

2. Blender

Blender merupakan aplikasi 3d medeling open source (gratis) yang dapat kalian gunakan untuk kebutuhan menggambar model 3d kalian. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi 3d multifungsi yang bisa kalian temukan saat ini. Mulai dari desain arsitektur , 3d printing, animasi hingga pembuatan game bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini.

Untuk pengguanaan software ini terbilang cukup susah namun apabila sudah terbiasa maka kalian bisa membuat model apa saja dengan cukup mudah. Software ini juga memerlukan addon tambahan tergantung kebutuhan projek model 3d kalian.

3. SolidWorks


solidworks merupakan salah satu aplikasi pembuatan model 3d yang paling terkenal. Aplikasi yang di kembangkan oleh Dassault System ini merupakan computer aided engineering (CAE) dan computer aided design (CAD) yang berjalan dalam satu program sehingga aplikasi ini dapat mendesain sekaligus menganalisa model yang dibuat.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para desainer dan engineer untuk mendesain dan menganalisa model yang mereka buat seperti kekuatan struktur model, analisa aliran udara pada model, penyebaran panas pada model dll. Jadi bagi kalian yang merupakan seorang engineer aplikasi ini sangat pas buat kalian. Tapi jangan menggunakan software bajakan ya !!!

Baca Juga :
Software 3D Untuk Membuat Rumah Yang Bisa Kamu Pelajari

4. 3ds max


3ds max adalah salah satu aplikasi 3d modeling, animasi, simulasi dan rendering yang banyak digunakan di desain industri, game, film dan motion graphic. Aplikasi yang di kembangkan oleh perusahaan software terkenal yaitu Autodesk ini merupakan aplikasi berbayar namun jika kalian ingin menggunakannya Autodesk memberikan 30 hari masa percobaan.. featured yang di berikan aplikasi ini dalam 3d modeling cukup lengkap dengan harga yang ditawarkan sehingga cocok bagi anda yang merupakan 3d artist profesional

5. Autodesk Maya


merupakan aplikasi 3d modeling, animasi, simulasi dan rendering yang dikembangkan juga oleh Autodesk. Aplikasi ini mirip 3Ds Max namun lebih user friendly dan cocok bagi kalian yang beginner level. Aplikasi in juga banyak digunakan di industri game, film animasi dan visual efek.

6. MeshMixer



MeshMixer merupakan aplikasi pembuatan model 3d yang murni di desain untuk objek 3d printing. Aplikasi ini sangat efisien jika kalian sudah memiliki model 3d sebelumnya, aplikasi ini akan memperbaiki model 3d kalian dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan kalian. Kalian dapat menggunakan aplikas ini untuk menganalisa model kalian apakah ada masalah jika model kalian akan di cetak. Aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi window, Mac OS X, dan Linux secara gratis.


Itulah beberapa software 3d yang dapat kalian gunakan untuk membuat model 3d. Dengan mengetahui beberapa aplikasi 3d diatas kita dapat mengetahui aplikasi 3d modeling mana yang kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan hal ini dikarenakan setiap aplikasi 3d modeling memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi tentukan pilihan kalian.  
/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment