5 Aplikasi Office Gratis Pengganti Microsoft Office


Menulis dokumen, membuat persentasi, mengolah angka yang begitu banyak merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh setiap orang yang memiliki komputer / laptop. Untuk memenuhi kebutuhan itu semua kita dapat melakukannya di sebuah software yang sudah sangat terkenal yaitu Microsoft Office. Software ini merupakan software pengolah data yang bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup mahal. Dengan harganya yang begitu mahal fitur-fitur yang ditawarkan kan pun sangat lengkap dan menarik.


Bagi anda yang tidak memiliki cukup biaya untuk membeli Microsoft office, terdapat software open source office yang bisa anda gunakan sebagai pengganti Microsoft office dalam mengolah data sehari-hari. Software-software open source ini memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan microsoft office dan bisa digunakan untuk file yang berformat microsoft office sehingga anda tidak perlu khawatir. Yang lebih hebatnya lagi software ini bisa anda dapatkan secara gratis tanpa biaya sepeser pun.

Berikut saya berikan daftar open source office yang bisa anda gunakan  sebagai pengganti microsoft office untuk kegiatan sehari-hari.

1. Apache OpenOfice

Apache OpenOffice merupakan salah satu saftware open office terbaik yang ada saat ini. Software ini menyediakan tool set layaknya microsoft office seperti pengolahan kata, pengolahan angka, persentasi, pengolahan gambar dan data base. Software ini juga dapat menyimpan dokumen dalam open document format, membaca dokumen microsoft word dan dapat juga menyimpan ke dalam format microsoft word.

Apache OpenOffice memiliki 6 alat pengolahan yang bisa anda gunakan,

Writer, merupakan alat pengolahan angka. Dapat mengerjakan segala jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan angka seperti menulis, hingga pembuatan buku.
Calc, merupakan alat pengolahan angka. Dapat melakukan perhitungan angka, analisa dan mengolah data menjadi grafik dan laporan berformat angka.
Impress, merupakan alat untuk multimedia dan persentasi. Suport dengan multiple monitor.
Draw, merupakan alat pengolahan gambar sperti diagram dan ilustrasi 3 dimensi
Base, merupakan alat untuk membuat dan mengedit table, formulir dll
Math, untuk membuat persmaan matematika.

tutorial lengkap Writer Apache OpenOffice buat kamu yang sedang skripsi dan anti bajakan
TUTORIAL WRITER OPENOFFICE

Sotware ini bisa anda dapatkan secara gratis dan bisa digunakan pada Microsoft Window, GNU/Linux dan Mac OS X

2. LibreOffice

merupakan software yang dikembangkan oleh The Document Foundation, Libre Office merupakan cabang dari OpenOffice dimana yang artinya memilki dasar source code yang sama.
LibreOffice juga memiliki 6 alat yang sama dengan Apache OpenOffice sebagai pengolah data diantaranya ialah Writer, Calc, Impress, Draw, Base dan Math.. salah satu kelebihan LibreOffice yang bisa anda gunakan adalah import PDF format, minimizer presentation dan wiki publisher. Pengguna juga dapat menambah fungsionalitas denga tambahan extension dan template

LibreOffice bisa anda dapatkan secara gratis dan kompetibel denga Windows, Macintosh dan GNU/Linux system

3. NeoOffice


NeoOffice merupakan salah satu cabang dari OpenOffice yang dibuat sebelum Apache OpenOffice dan LibreOffice bisa digunakan pada Mac OS.
Fitur pendukung pada NeoOffice bisa anda ketahui di OpenOffice.org, untuk office yang satu ini terfokus pada kebutuhan yang unik untuk pengguna Mac. Software ini lebih mendukung terhadap futured dari Mac, termasuk integrasi terhadap antar muka OS X , Mc OS X font dan kebutuhan printing.
Versi terbaru dari NeoOffice , V3.3 sudah mendukung penggambaran teks high resolution dari retina display. Anda bisa dapatkan software ini secara gratis.

4. Google Docs


Google docs merupakan office suite yang bisa digunakan oleh semua orang untuk keperluan produktifitas office dan anda juga bisa membuat, membagi dan mengkolaborasikan perkerjaan anda di dalam web. Google memberikan tool untuk dokumen, spreadsheet, persentasi, menggambar yang semuanya tesimpan dan bisa diakses lewat jaringan awan (cloud-based) google drive
Google Document
merupakan alat pengolah kata berbasis online yang bisa anda gunakan untuk membuat dan mengedit teks dokumen dan anda bisa juga berkolaborasi dengan orang lain yang telah anda berikan hak akses untuk mengedit dokumen tersebut secara online
Google Spreadsheet
dapat digunakan untuk membuat format spreadsheet, chart, dan gadget. Google spreadsheets mendukung format .xls, .csc, .txt dan .ods data. Anda juga bisa menampilkan spreadsheet yang sudah dibuat ke dalam blog dan website.
Google Drawing
merupakan alat untuk membuat gambar, bentuk dan garis yang bisa digunakan untuk google Docs
Google Form
digunakan untuk membuat formulir online dan bisa anda tampikan pada blog dan website

5. KOffice


Koffice memberikan tiga alat pengolahan data yaitu pengolahan kata, pengolahan angka dan persentasi

Kword
merupakan alat pengolahan kata yang bisa kalian gunakan untuk membuat dokumen.
Kcell
merupakan alat pengolahan angka dan spreadsheet yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan bisinis yang berhubungan dengan keuangan dll.
Showcase
adalah alat untuk membuat sebuah persentasi yang mendukung pemberian gambar, teks, dan grafik

Koffice bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS x. software ini bisa anda dapatkan secara gratis di website resminya.
/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment