Software Wajib Bagi Kalian Yang Berkecimpung Di Dunia Perkapalan


Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiiki wilayah laut yang sangat luas sehingga banyak sekali dibutuhkan kapal untuk mengangkut barang ataupun manusia melintas antar pulau. Untuk membuat sebuah kapal diperlukan disiplin ilmu tentang perkapalan dan pengalaman yang memadai. Jika salah walaupun sedikit saja dalam merancang sebuah kapal maka akan membuat kerugian hingga milyaran rupiah. Untuk belajar bagaimana cara membuat sebuah kapal diperlukan disiplin ilmu yang khusus salah satu diantaranya adalah jurusan teknik sistem perkapalan (marine engineer ) dan teknik perkapalan (naval architecture). Disiplin ilmu tersebut sangat jarang diketahui oleh orang di indonesia padahal dengan potensi laut yang sangat luas dan banyak kapal yang bertebaran, jurusan tersebut sangat potensial dan juga bergengsi.

Jika kalian adalah seorang mahasiswa ataupun ingin masuk salah satu jurusan tersebut, berikut saya berikan daftar software yang bisa kalian gunakan di dalam mempelajari dunia perkapalan.

1. Autocad

Autocad merupakan software wajib bagi kalian yang berkecimpung di dunia perancangan desain teknik. Software ini berfungsi untuk mempermudah kita dalam menggambar rancangan yang akan dibuat berdasarkan perhitungan yang sudah ditentukan. Untuk di dunia perkapalan sendiri software ini menjadi sarana untuk menggambar desain lambung, rencana umum kapal maupun sistem permesinan dan kelistrikan pada kapal. 

2. Maxurf

Maxurf merupakan software yang digunakan untuk membuat lambung kapal berdasarkan data kapal yang kita berikan seperti panjang kapal, lebar kapal, koefisien blok (perbandingan antara volume kapal dan balok kapal) dll. Kita juga bisa mengetahui tahanan /hambatan yang dihasilkan oleh desain lambung yang sudah dibuat berdasarkan data tadi dimana tahanan yang dihasilkan digunakan untuk menghitung daya minimal mesin untuk menggerakkan kapal tersebut.

3. Ansys

Ansys merupakan software simulasi yang digunakan untuk menguji coba model yang akan kita simulasikan. Pada dunia perkapalan software ini berguna untuk menganalis baling-baling atau propeller yang akan kita buat. Dengan menganilasa model terlebih dahulu diharapkan tidak terjadi kesalahan desain terhadap propeller yang sudah dibuat. Software ini juga bisa digunakan untuk menganalisa kekuatan konstruksi kapal yang akan dibangun.

4. SketchUp

SketchUp merupakan software pembuatan model 3 dimensi yang bisa kalian dapatkan secara gratis. Dalam dunia perkapalan software ini tidak terlalu wajib namun diperlukan apabila dibutuhkan penggambaran kapal secara 3d. Biasanya pembuatan model 3d pada kapal untuk mempersentasikan hasil perancangan yang sudah dibuat secara manual agar orang lain dapat memahami desain yang sudah jadi. Kalian bisa ikuti tutorial SketchUp lengkap disini


Nah itulah semua daftar software yang kalian butuhkan untuk mempelajari dunia perkapalan, software tersebut hanya merupakan sarana untuk mempermudah kita dalam merancang kapal yang akan dibuat. Untuk perancangannya sendiri dilakukan dengan perhitungan manual dan melibatkan banyak peraturan dan aspek lainnya.  
/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment