Cara Memberikan Dimensi Pada LayOut



Dalam tutorial ini saya akan menjelaskan kepada kalian bagaimana cara memberikan dimensi pada model yang kalian masukkan ke dalam LayOut.

LayOut sendiri menyediakan berbagai pengaturan dan trik dimensi yang memudahkan kalian untuk memberikan satuan dimensi pada model yang akan kalian tampilkan. Sehingga kalian tidak perlu untuk memberikan dimensi pada model SketchUp 3d sebelumnya.

Untuk memberikan dimensi secara umum pada LayOut sangatlah mudah.

  • Pertama kalian pilih tool dimensions pada tool bar LayOut.
  • Kemudian klik satu kali pada ujung objek yang akan kalian beri dimensi
  • Selanjutnya klik pada ujung yang lain pada objek untuk memberikan dimensi panjang objek
  • Drag mouse ke arah di mana angka dimensi akan diletakkan.



Cara di atas merupakan cara secara umum dan sangat sederhana. Nah untuk memberikan dimensi pada LayOut, terdapat beberapa trik dan tips untuk memberikan kalian kemudahan dan kecepatan dalam memberikan berbagai macam dimensi pada model di LayOut. Berikut tips dan trik cara memberikan dimensi pada Layout.

Memberikan multiple dimensi dengan cepat

ketika kalian memiliki banyak objek untuk di beri dimensi, tentu dengan cara yang umum diatas akan membuat kinerja kalian tidak efektif dan cenderung lamban. Untuk mengatasi hal itu kalian dapat mengikuti cara cepat dalam memberikan banyak dimensi dengan cepat dan mudah.

  • Pertama kalian buatlah dimensi dengan menggunakan cara umum di atas.
  • Kemudian untuk pemberian dimensi selanjutnya kalian cukup melakukan Double klik pada ujung objek yang akan kalian beri dimensi.



Cara ini berlaku untuk pemberian dimensi pada tempat yang bersambungan seperti contoh animasi di atas.

Cara menyamakan lebar offset dimensi

Ketika kalian memberikan dimensi tentu lebar offset dari dimensi akan mempengaruhi penampilan model yang kita buat. Jika lebar offset pada tiap dimensi tidak sama, hal ini akan membuat tampilan model tidak rapi sehingga akan dapat membingungkan bagi orang yang melihat. Untuk membuat lebar offset dimensi menjadi sama dengan cepat kalian dapat mengikuti trik yang satu ini.

  • Pertama kalian buat dimensi pada objek dengan lebar offset sesuai keinginan.
  • Kemudian pada tempat yang lain, kalian buat dimensi dengan cara klik 1x pada titik awal objek lalu lakukan klik 2x pada titik ujung objek. Maka lebar offset dimensi akan memiliki ukuran yang sama. Kalian dapat melihatnya pada animasi di bawah.

Cara membuat layer dimensi

Untuk memudahkan kalian dalam menampilkan dan menghilangkan dimensi yang telah dibuat tanpa melakukan penghapusan, kalian dapat melakukannya dengan cara membuat layer sendiri pada dimensi yang telah kalian buat. Hal ini akan membantu kalian jika kalian ingin menampilkan model dengan atau tanpa dimensi dengan sangat cepat sehingga kalian tidak perlu untuk membuat model dalam dua lembar kerja. Bagaimana melakukannya? Berikut langkah langkahnya

Pilih tab Layerpada pengaturan layar di sebelah kanan lembar kerja.
Kemudian pilih tanda Plus untuk membuat layer yang baru
Lalu kalian beri nama sesuai dengan keinginan kalian

  

ketika kalian memilih layer tersebut maka segala objek yang kalian gambar akan masuk secara otomatis ke dalam layer tersebut. Nah untuk memilih seluruh objek yang telah masuk di layer tersebut kalian dapat melakukannya dengan cara klik kanan pada layer tertentu dan pilih Select Entities. Maka seluruh objek yang telah digambar di layer tersebut akan terpilih.


Cara melakukan editing pada Anchor point

Anchor point merupakan titik penanda dimensi. Melakukan editing pada anchor point ini berguna jika kalian ingin merapikan garis penanda dimensi sehingga tampak lebih teratur. Untuk melakukan editing pada anchor point kalian dapat lakukan dengan cara melakukan klik 2x pada dimensi.

Ketika kalian melakukan klik 2x pada dimensi, maka kalian dapat melakukan berbagai editing pada dimensi seperti mengubah jarak dasar dimensi, mengubah jarak angka dimensi dan lain sebagainya.


Cara mengubah panjang default leader

ketika kalian melakukan editing pada leader di salah satu dimensi maka editing tersebut tidak akan mengikuti pada dimensi yang akan kalian buat selanjutnya (dimensi akan kembali menjadi normal).

Nah untuk membuat pengaturan leader tersebut dapat di terapkan pada seluruh dimensi yang akan kalian buat, maka kalian dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

Ketika kalian membuat sebuah dimensi dengan leader yang telah di edit maka untuk membuat dimensi dengan settingan yang sama maka kalian gunakan Eyeropper tool.

Buatlah dimensi dengan melakukan editing pada leader dimensi kemudian pilih Eyedropper tool dan lakukan klik pada dimensi yang telah dibuat tadi. Selanjutnya kalian buat dimensi pada tempat lain maka tampilan dimensi akan sama dengan tampilan dimensi yang telah kalian edit sebelumnya.


Cara memberi dimensi pada permukaan yang tidak sejajar

ketika membuat dimensi pada permukaan yang tidak sejajar, kalian tidak perlu untuk memberikan titik dimensi pada tempat yang sejajar. Hal itu akan membuat leader dimensi akan tertumpuk pada garis objek sehingga tidak terlihat rapi. Kalian cukup memberikan titik ujung ke ujung tanpa harus sejajar sehingga leader pada dimensi tidak akan saling menumpuk pada objek.


Ketika kalian melakukan hal tersebut, secara otomatis dimensi akan menghitung secara garis lurus sesuai dengan arah mouse yang kalian arahkan. Namun jika kalian ingin memberikan dimensi kemiringan di antara kedua titik tersebut kalian dapat menekan dan menahan tombol ALT ketika sedang mengarahkan dimensi dengan mouse.

/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment