Cara Memasukkan Model 3D Ke Dalam LayOut



Hal yang perlu kalian lakukan ketika telah membuat sebuah karya model 3d ialah dengan melakukan persentasi ataupun mencetak spesifikasi detail dari model 3d yang kalian buat. Hal tersebut bisa kalian lakukan dengan sangat mudah pada SketchUp sehingga kalian tanpa perlu untuk melakukan eksporting gambar hasil gambar 3d secara manual ke dalam software yang lain.

Untuk melakukan hal itu SketchUp telah menyediakan software bawaan ketika kalian menginstal aplikasi ini di laptop kalian yang bernama LayOut. LayOut ini berfungsi untuk menampilakan hasil 3d kita yang telah dibuat di SketchUp ke dalam format kertas sehingga kita dapat mudah untuk mencetaknya. Nah bagi kalian yang ingin mempelajari software ini berikut penjelasan cara penggunaan nya

LayOut dapat menampilkan berbagai macam tampilan dari 3d yang kalian buat pada SketchUp dengan sangat mudah. Seperti halnya jika kalian ingin menampilkan berbagai sisi tampilan pada model yang kalian buat dengan berbagai skala yang bisa kalian atur dengan sangat mudah. Tampilan ini pun bisa kalian sesuaikan dengan berbagai jenis ukuran kertas yang bisa bebas kalian pilih sesuai dengan keinginan.

Cara memasukkan gambar 3D ke dalam LayOut

Untuk melakukan tutorial ini pertama yang harus kalian lakukan ialah menyiapkan model yang akan kalian tampilkan pada LayOut. Kalian bisa gunakan gambar model 3D kalian atau kalian dapat mendownload model 3D secara gratis pada situs SketchUp Warehouse.

Pertama terlebih dahulu kalian non aktifkan hal yang tidak ingin kalian tampilkan pada gambar yang akan kalian cetak seprti halnya garis axis dengan pilih View>hilangkan tanda centang pada (Axes, Guides) sesuai keinginan kalian.

Lalu jika terdapat model yang tidak ingin kalian tampilkan pada LaytOut maka kalian sembunyikan dengan cara pilih model dan klik kanan > Hide.

Jika semua persiapan telah selesai langkah selanjutnya ialah dengan memasukkan model ke dalam layout. Untuk memasukkan model 3D ke dalam LayOut kalian pilih File>Send to LayOut



Cara membuat dokumen pada LayOut

ketika kalian melakukan klik Sent to Layout maka secara otomatis LayOut akan terbuka dan akan menampilkan pilihan jenis kertas yang akan kalian gunakan. Namun kalian juga dapat membuat ukuran kertas yang baru pada tampilan LayOut dengan cara

Pilih New > Default > dan pilih jenis ukuran kertas yang kalian inginkan
lalu klik open


LayOut akan membuka file baru berdasarkan tamplate kertas yang kalian pilih. Kalian dapat memasukkan model 3D yang telah kalian buat tanpa melakukan Send To Layout seperti pada cara diatas. Jika kalian sudah terlanjur masuk pada Program LayOut maka untuk memasukkan model 3D cukup dengan pilih File > Insert

Ketika kalian akan membuat lembar kerja baru, terdapat 2 jenis default kertas yang selalu ada pada setiap kalian membuat lembar kerja baru dengan tamplate apapun. maka kalian pilih jenis kertas mana yang akan digunakan.


Melakukan Pengaturan Viewport Pada Dokumen

Setelah kalian mengetahui cara memasukkan model 3D ke dalam lembar kerja selanjutnya kita berailih tentang bagaimana cara melakukan pengaturan pandangan / viewport di dalam LayOut. Untuk melakukan pengaturan pandangan pada model yang telah kalian masukkan, dapat kalian lakukan di pengaturan pada layar pengaturan di sebelah kanan lembar kerja.


Pertama pilih layar scene model kalian pada lembar kerja dengan cara melakukan klik. (garis biru akan muncul sebagai tanda bahwa scene telah terpilih)

kemudian expand / klik pada SketchUp Model Panel yang berada pada sebelah kanan lembar kerja. Lalu klik Standard View dan pilih pandangan model yang kalian inginkan.



Lalu klik ortho untuk mendapatkan pandangan Orthographic atau paralel.

Kemudian pilih skala yang kalian inginkan dengan cara klik pada kotak dialog Scale.

Nah sekarang kalian mendapatkan pandangan di arah depan pada model 3D yang kalian buat. Selanjutnya kalian tinggal mengatur ukuran jendela scene dengan cara melakukan Resize pada Scene. (Klik Preserve Scale on Resizeuntuk membuat ukuran model tetap ketika melakukan Resize kotak scene)


Jika kalian telah lakukan langkah diatas selanjutnya kalian lakukan Resize pada kotak scene dengan cara arahkan pointer pada tepian garis kemudian klik dan arahkan ke ukuran yang kalian inginkan. Kalian dapat melakukan mengubah ukuran kotak Secene melalui sisi kanan,kiri atau atas, bawah ataupun pada pojok scene.

Selanjutnya kalian pindah hasil Scene yang telah diatur sebelumnya ke tempat yang diinginkan pada lembar kerja kalian dengan cara arahkan pointer ke tengah Scene sehingga muncul tanda panah salib dan lakukan drag ke tempat tujuan.


Cara Menggandakan Scene

Setelah kalian melakukan pengaturan pada scene seperti pada cara diatas, tentu di diperlukan beberapa scene lagi agar tampilan model pada lembar kerja menjadi lebih lengkap. Untuk dapat melakukan hal tersebut kalian dapat dengan langsung menggandakan tampilan scene yang telah dibuat tadi dengan cara pilih scene yang diinginkan kemudian tekan CTRL + C dan lakukan paste dengan menekan CTRL + V.

Untuk penggunaan yang lebih praktis, kalian dapat malakukannya dengan cara menahan tombol CTRL ketika ketika sedang memindahkan Scene. Maka Scene tersebut akan tergandakan dengan sendirinya.


Melakukan Pengaturan Custom pada Viewport model

Pada langkah diatas merupakan langkah untuk menampilkan Scene viewport berdasarkan arah yang telah disediakan oleh pengaturan. Nah selain hal tersebut kalian juga dapat melakukan pengaturan arah sesuai keinginan kalian pada Scene viewport. Berikut langkah-langkahnya

  • Pilih kotak Scene yang diinginkan
  • Lakukan resize pada ukuran kotak scene sesuai keinginan dan nonaktifkan Ortho pada panel SketchUp model
  • kemudian kalian klik 2x pada Scene sehingga kalian akan masuk ke dalam model layaknya pada tampilan SketchUp. Lakukan pengaturan arah sesuai keinginan layaknya pada SketchUp.



Tambahan pengaturan Viewport yang bisa kalian lakukan di dalam LayOut

Pengaturan Tambahan pada Scene di dalam LayOut
selain pengatauran diatas kaian dapat melakuakan berbagai pengaturan lain yang bisa kalian terapkan pada model 3D kalian.

Shadow/fog –merupakan efek untuk memberikan bayangan pada model 3D pada scene yang kalian buat di layout
Styles – merupakan tampilan latar pada scene yang akan kalian tampilkan.
Line Weight – merupakan pengaturan untuk memberikan tebal garis pada model 3D yang kalian tampilkan
Background – Pengeturan ini digunakan untuk menampilkan atau tidak background pada model 3d
Render Mode –pengaturan ini untuk memilih jenis render ketika model di tampilkan. Terdapat 3 jenis render yang bisa kalian gunakan yaitu : Vector, Raster, Hybrid.

/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment