Cara Membuat Efek Bump Map Pada Tekstur Gambar Dengan Menggunakan Gimp


Dalam tutorial kali ini saya akan jelaskan kepada kalian bagaimana cara membuat Bump map dari sebuah gambar dengan menggunakan Gimp yang bisa kalian gunakan untuk membuat hasil render model 3D tampak lebih nyata.

Render dengan menggunakan Bump map

Render tanpa mengguankan Bump map

Bump map sendiri adalah efek untuk membuat sebuah tekstur gambar akan tampak timbul ketika kalian render sehingga hasil rendering yang diperoleh akan nampak terlihat lebih nyata. Untuk memberikan efek bump map ini diperlukan gambar hitam putih dari sebuah tekstur gambar yang bisa kalian edit sendiri dengan menggunakan software editing gambar.

Nah, jika kalian ingin memberi efek Bump map pada hasil rendering model 3d yang yang kalian buat. Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara melakukan editing pada tekstur gambar agar dapat membuat efek bump map pada hasil rendering model 3d dengan menggunakan Gimp.

  • Pertama kalian download dan instal aplikasi editing gambar Gimp disini.

  • Kemudian kalian buka Gimp dan masukkan gambar ke dalam aplikasi tersebut. Kalian bisa drag dan drop gambar ke dalam aplikasi.


  • Jika gambar sudah kalian masukkan selanjutnya mengubah gambar menjadi hitam putih dengan cara pilih Color > Desaturate. Lalu jendela Desaturate akan muncul kemudian kalian pilih Lightness dan klik ok.



  • Lalu pilih Colors > Levels.


  • Pada pengaturan levels geser pengaturan input level seperti pada gambar di bawah. Intinya geser lah pengaturan input level sesuai keinginan kalian sampai warna pembatas tampak terlihat jauh lebih gelap dari pada tekstur utama seperti pada gambar tekstur kayu yang di contohkan


tambahan : warna yang lebih terang akan membuat jorokan ke dalam pada tekstur saat di render.

  • Jika dirasa sudah pas, selanjutnya simpan tekstur gambar tersebut dengan cara pilih File > Export As


  • tekstur siap di pakai untuk pengaturan Bump map.




/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment