Cara Melakukan Rendering Model 3D Pada Google SketchUp Dengan Plugin Render Gratis


Dalam kesempatan kali ini saya akan jelaskan kepada kalian bagaimana cara melakukan rendering pada google SketchUp dengan menggunakan rendering plugin tool yang bisa kalian dapatkan dengan gratis.

Rendering sendiri merupakan sebuah proses untuk menghasilkan gambar dari model yang sudah dibuat / disusun sebelumnya. Biasanya jika kita melakukan rendering pada sebuah model, maka akan tampak model terlihat seperti benda dalam keadaan yang nyata.


Banyak faktor yang mempengaruhi gambar hasil rendering tampak seperti nyata /Photorealistic, diantaranya ialah software rendering yang dipakai, skill pengguna dan hardaware komputer yang digunakan. Jika kita perhatikan google SketchUp merupakan aplikasi pembuatan model 3D yang tidak memiliki fitur rendering sehingga jika kalian ingin melakukan rendering maka kalian harus menginstal plugin tool tambahan untuk dapat melakukan rendering.

Banyakan plugin tool yang bertebaran yang bisa kalian gunakan untuk melakukan rendering pada Google SketchUp. Salah satunya ialah Vray rendering tool yang merupakan plugin tool rendering yang banyak digunakan oleh kalangan profesional dalam melakukan rendering pada Google SketchUp. Plugin tool ini bisa kalian dapatkan dengan cara berbayar dengan harga yang cukup mahal sehingga bagi kalian yang tidak cukup memiliki uang untuk membeli plugin tool yang satu ini kalian dapat menggunakan plugin tool ini dengan versi trial mode di mana banyak fitur yang terbatas kegunaannya sehingga hal ini akan tidak memaksimalkan pengguna dalam menghasilkan gambar yang photorealistic. Salah satu fitur yang tidak bisa kita gunakan jika kita menggunakan versi trial mode pada Vray rendering tool atau rendering tool berbayar lainnya ialah gambar hasil rendering akan ter watermark dan biasanya memiliki resolusi yang kecil. Hal ini tentulah sangat mengganggu

Nah, jika kalian ingin melakukan rendering namun tidak memiliki cukup uang untuk membeli rendering plugin tool pada google sketchup, kalian dapat menggunakan Twilight Rendering tool yang versi Hoby. Pada plugin tool ini meskipun gratis, kalian dapat melakukan rendering dengan hasil gambar yang cukup nyata tanpa adanya penggunaan fitur yang terbatas, tidak ada watermark pada gambar hasil rendering dan kalian dapat melakukan rendering dengan kualitas gambar sampai resolusi tinggi. Berikut daftar tutorial dalam menggunakan Twilight Rendering tool pada Google SketchUp.

Kumpulan Tutorial Twilight Rendering Tool.

/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment