Cara Membuat Nomor Halaman Silang Untuk Di Print Bolak balik Pada Apache Openoffice



Ketika akan membuat sebuah buku tentu kita akan mencetaknya dengan posisi bolak balik dalam 1 lembar kertas agar menghemat dalam penggunaan kertas dan memudahkan para pembaca. Permasalahannya ialah ketika kita memberikan nomor halaman dengan posisi yang sama pada saat editing di progam office maka akan membuat posisi halaman ketika dicetak bolak balik menjadi tidak sinkron.

Oleh sebab itu saya akan tunjukkan kepada kalian bagaimana cara membuat posisi nomor halaman menjadi bersilangan dari halaman 1 dan halaman ke 2 dst sehingga dapat kita cetak bolak balik pada Apache OpenOffice.

  • Pertama buatlah page number pada halaman kerja kalian.
  • Setelah itu klik kanan pada footerkemudian pilih page atau bisa juga dengan klik pada tab format > page, maka pengaturan page akan muncul



  • Pastikan kalian memilih tab footer kemudian uncheck pada same content left/right dan ok.



  • Kemudian aturalah posisi page number pada footer dengan cara klik kanan pada footer lalu alignment dan pilih posisi yang kalian inginkan. Posisi nomor halaman pada halaman ke 1 tidak akan mempengaruhi posisi nomor halaman pada halaman ke-2 sehingga akan bersilangan pada halaman ke-3 dst. Pada contoh dibawah saya membuat posisi nomor halaman pada halaman ke-1 berada di kanan sedangkan halaman ke-2 berada di sebelah kiri.


Dan laporan kalian siap untuk dicetak bolak-balik



/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment