Tutorial Perintah Dasar SketchUp


SketchUp adalah Software pembuatan model 3D yang sangat populer dan merupakan perangkat lunak 3D yang banyak digunakan oleh para arsitek profesional untuk mendesain rumah dan bangunan. dibandingkan dengan sebagian besar perangkat lunak 3D lainnya, SketchUp memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah dipelajari untuk pemula dalam pemodelan 3D.

Bagi kalian yang ingin belajar tentang perangkat lunak 3D ini, Anda dapat mengikuti beberapa tutorial dasar yang saya posting di bawah ini. Dengan mengetahui pengetahuan dasar dalam menggunakan perangkat lunak ini, kalian dapat dengan mudah membuat berbagai jenis model 3D yang bisa kalian  ikuti di situs web ini. Tutorial dasar berikut adalah kumpulan perintah dasar yang sering kalian lakukan di SketchUp.

Nah untuk mempersingkat waktu, berikut tutorial dasar berikut di SketchUp

Antarmuka SketchUp

Tidak seperti kebanyakan perangkat lunak 3D lainnya, SketchUp memiliki antarmuka yang sangat sederhana. dengan antarmuka sederhana ini, para pemula dalam menggunakan perangkat lunak pemodelan 3D akan sangat mudah untuk mempelajari perangkat lunak ini. Secara umum, antarmuka dalam SketchUp dibagi menjadi 3 bagian yaitu tab Menu, Bilah alat, dan Baki default.



Menu bar - adalah tempat untuk berbagai menu yang berkaitan dengan perintah, tampilan, pengaturan, dan sebagainya. tidak seperti perangkat lunak 3D terkenal lainnya, menu bar di SketchUp juga sangat sederhana

Tool bar - adalah tempat berkumpul alat dalam membuat model 3D. Saat kalian memasang plugin tool, kalian dapat menempatkannya di tempat ini. Untuk mengaktifkan tool bar tertentu, kalian dapat melakukannya dengan melakukan klik kanan pada tool bar dan pilih tool yang akan Anda aktifkan.

Default tray- adalah tempat untuk informasi dari model yang kalian buat. Selain itu, kalian  juga bisa memberi warna, mengganti template, memberi pengaturan bayangan di bar ini.

Navigasi pada SketchUp
Untuk membuat model 3D pada perangkat lunak 3D, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah terbiasa dengan navigasi perangkat lunak 3D. akrab dengan navigasi yang ada akan dapat  mempercepat pekerjaan kalian dalam membuat model 3D.

Di SketchUp kalian dapat bernavigasi dengan menggunakan keyboard atau mouse tergantung pada situtasi yang didapatkan. tetapi sebagian besar pengguna biasanya menggunakan mouse dalam melakukan navigasi untuk mempercepat pekerjaan dalam membuat model 3D.

berikut tombol navigasi dengan menggunakan mouse pada SketchUp.




1. Cara memindahkan objek

Cara memindahkan objek pada SketchUp sangatlah mudah. Pertama kalian buat objek apa pun di SketchUp seperti yang ditunjukkan di bawah ini

Kemudian pilih seluruh face objek yang akan dipindahkan (kalian dapat melakukannya dengan mengklik kiri 3x. Jika kalian memilih satu wajah saja, wajah yang akan bergerak tidak semua objek.)

Kemudian pilih Move tool   atau dengan mengetik pada keyboard dari huruf M. Kemudian pilih titik referensi pada objek dan geser objek untuk memindahkan
Saat kalian ingin memindahkan objek pada sumbu tertentu tanpa terganggu oleh gerakan kursor yang tidak lurus, maka tekan dan tahan SHIFT saat kalian memindahkan objek
 
kalian juga dapat memindahkan objek dengan jarak tertentu dengan menekan jarak yang kalian inginkan pada keyboard dan Enter

2. Menggandakan objek


Untuk menggandakan objek (copy) di SketchUp tidak ada tool yang secara langsung untuk menduplikasi objek. jadi untuk menggandaan objek kalian  bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini

Pertama buat objek apa saja yang akan kita gandakan. kalian dapat membuat objek apa pun yang kalian  suka.

Kemudian pilih objek yang akan gandakan dan klik Move tool     atau tekan M dan pilih titik referensi untuk memindahkan objek. saat objek dipindahkan, tekan CTRL untuk menggandkan objek. kemudian letaakkan objek yang telah di gandakan di tempat yang diinginkan

Kalian juga dapat menduplikasi objek dengan jarak tertentu dengan menekan jumlah jarak yang kalian inginkan pada keyboard dan Enter

3. Memutar objek

Untuk memutar objek di SketchUp itu sangat mudah. Pertama buat objek yang akan kalian putar pada SketchUp.

Kemudian pilih Rotate tool    atau tekan Q pada keyboard kalian dan pilih titik referensi berputar pada objek dan lakukan putaran.

Kalian dapat memutar objek dengan sudut tertentu dengan menekan jumlah sudut yang kalian inginkan pada keyboard dan Enter
Kalian juga dapat menduplikasi objek saat kalian  memutarnya. Cukup tekan CTRL pada keyboard kalian sehingga objek akan digandakan ketika kalian memutarnya.
 


4. Flip along Command

Flip along command digunakan untuk mencerminkan objek yang kita buat di SketchUp.
Ada 3 pilihan jenis cermin pada objek yang bisa kita lakukan, yaitu flip berdasarkan Axis merah, hijau dan biru.

Untuk dapat mencerminkan objek, pilih objek lalu klik kanan dan pilih perintah Flip allong


Jika kalian memilih perintah arah merah (red direction), objek akan terbalik ke arah garis merah seperti yang ditunjukkan di bawah ini
Jika kalian memilih perintah arah hijau (greed direction), objek akan terbalik ke arah garis hijau seperti yang ditunjukkan di bawah ini
Jika kalian memilih perintah arah biru (blue direction), objek akan terbalik ke arah garis biru seperti yang ditunjukkan di bawah ini

5. Intersect objek

Perintah Intersect adalah memberikan garis potong ke dua atau lebih objek yang saling berhubungan sehingga kalian dapat memotongnya berdasarkan bentuk garis potong yang telah terbentuk. jika kalian pengguna  SketchUp pro, kalian tidak perlu melakukan perintah ini untuk menggabungkan atau memtong 2 objek atau lebih. terdapat tool yang disebut dengan solid tool pada SketchUp pro untuk melakukan perintah tersebut
.
Untuk menggunakan perintah Intersect kalian harus membuat 2 bentuk berbeda dan membuatnya menjadi grup.


Dalam gambar ini saya akan memotong bentuk donat sesuai dengan objek kedua.

Pindahkan objek kedua ke dalam bentuk donat lalu masuk ke grup donat lalu klik kanan dan pilih  intersect with model. garis potong akan muncul



Kemudian kalian hapus bagian yang terbentuk dengan hasil perpotongan tadi . jadi inilah hasilnya

6. Perintah soften and Smooth edge 

Perintah soften and smooth edge digunakan untuk menyembunyikan garis tepi pada face model sehingga objek akan terlihat lebih halus. Perintah ini sangat berguna bagi kalian yang ingin membuat bentuk organik di SketchUp dimana bentuk organik memiliki bentuk yang  halus dan bergelombang seperti contoh tirai/gorden. untuk menggunakan perintah ini kalian cukup melakukan klik kanan pada face yang dipilih dan kemudian pilih Soften dan Smooth Edge.

Untuk mempermudah kalian memahami perintah ini, kalian dapat melihat ilustrasi di bawah ini.

Pada gambar di bawah ini ada dua model yang saya buat. Pada model pertama saya membuat tanpa menggunakan perintah soften and smooth edge dan yang lain menggunakan perintah ini.


without Smooth and Soften edge

with Smooth and Soften edge

Ada perbedaan antara dua model di mana model pertama pada face terlihat lebih tajam dan yang kedua terlihat halus.

7. Group and Component

Perintah Group and Components digunakan untuk membuat kelompok pada objek di mana dua perintah itu adalah hal yang sama tetapi memiliki fungsi yang berbeda.

Group adalah perintah untuk memberikan grup di mana ketika kalian menduplikasi objek yang telah ada dalam grup, objek yang telah diduplikasi tidak memiliki efek sama sekali jika ada perubahan bentuk pada objek pertama

Sedangkan Component adalah perintah untuk memberikan grup ke objek di mana objek akan terhubung satu sama lain (jika ada perubahan pada satu komponen, semua komponen yang telah dikalikan juga akan berubah)


Untuk menggunakan perintah ini, Anda cukup klik kanan pada model yang akan dikelompokkan dan pilih Make Group atau Make Component



/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment