10 Plugin SketchUp Terbaik Yang Wajib Kamu Miliki


Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa plugin tool yang sangat berguna dalam pembuatan model 3D di google SketchUp .
Untuk kalian yang pertama kali belajar google sketchup maka tidak ada salahnya jika kalian mengenal terlebih dahulu kumpulan plugin tool dibawah ini sehingga kalian akan dapat dengan mudah mempelajari google SketchUp.

Dengan memliki plugin tool dibawah ini pada google SketchUp, maka kalian akan sangat dengan mudah membuat segala bentuk model pada google sketchup dari bentuk yang mudah hingga  bentuk yang rumit bahkan complicated hehehe.
Berikut adalah daftar plugin tool yang wajib kamu miliki di dalam google sketchup.

BACA JUGA :
TUTORIAL GOOGLE SKETCHUP BAHASA INDONESIA LENGKAP

1. ARTISAN SDS

Jika kalian ingin membuat model organik seperti gorden yang memiliki permukaan bergelombang dan halus dengan mudah maka plugin tool ini adalah jawanannya. Tools ini berfungsi untuk memberikan permukaan yang lebih halus serta memberikan kamu kemudahan dalam membuat bentuk organik. Sayangnya plugin tool ini tidaklah gratis namun kalian bisa menggunakan tools ini dengan cara mendownload versi demonya. 

 Klik disini untuk tutorial cara membuat gorden padagoogle sketchup


2. BAZIER SPLINE

Plugin tool yang satu ini berfungsi untuk memberikan kalian kemudahaan dalam membentuk garis lengkung yang diinginkan. Didalam tool ini banyak pilihan cara yang dapat kalian lakukan dalam membuat garis lengkung sesuai dengan kenginan kalian.


3. CURVILOFT

Apabila kalian ingin membentuk permukaan  berdasarkan garsi / garis lengkunag yang berjejer  maka too ini wajib kalian miliki didalam google sketchup. Tool ini memberikan kalian kemudahan dalam membentuk face sesuai dengan garsi-garis yang disusun 
 Klik disini untuk tutorial cara membuat kapal pada google sketchup

 Klik disini untuk tutorial membuat pesawat padagoogle sketchup


4. JOINT PUSH PULL

Joint push pull  ini befungsi untuk meng extrude face sesuai dengan perintah yang diberikan. tool ini dapat mengextrude face dengan berbagai macam perintah sehingga kalian dapat melakukan perintah extrude pada permukan yang tidak rata sekali pun. 


5. FREDO SCALE

Tool ini berguna untuk melakukan skala terhadap gambar yang kita buat. Fred scale sendiri memiliki banyak fungsi skala yang bisa membantu kalian dalam membentuk gambar sesuai keinginan dengan sangat mudah. Tool ini  dapat  download di extension store google sketchup secara gratis 



6.  ROUND CORNER

Apablia kalian kesulitan dalam membuat lengkungan pada tepian balok maka tool ini akan sangat membantu kalian. Round corner akan mempermudah kalian dalam membuat lengkungan pada tepian balok dengan berbagai pengaturan yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemakai. 


7.  SHAPE BENDER

Jika kalian ingin membuat tangga yang melengkung maka tool ini dapat membantu kalian dengan sangat cepat dan mudah.
Shape bander tool berfungsi untuk melengkungkan bentuk seusai dengan bentuk garis yang kita buat dengan mudah dan cepat. Dapat kalian download di extension store google sketchup secara gratis 
 Klik disini untuk tutorial bagaimana membuat tanggamelengkung pada google sketchup


8. SOAP SKIN BUBBLE

Tool ini berfungsi untuk memberikan bentuk lengkungan berdasarkan bentuk closed line yang dibuat. Apabila kalian ingin membentuk gambar seperti  bantal maka tool ini akan sangat membantu kalian 
 Klik disini untuk tutorial cara membuat bantal padagoogle sketchup


9. VERTEX TOOL

Plugin tool yang satu ini berguna untuk melakukan pengeditan terhadap titik/vertex berupa memindah, menggabungkan, memutar dll. Tool ini berbayar sehingga kalian dapat mendownload yang versi trial

10. TWILIGHT RENDER HOBBY

Tool ini merupakan tool yang berfungsi untuk melakukan rendering pada SketchUp. Render sendiri merupakan proses pengambilan gambar pada model 3D dengan hasil gambar yang tampak senyata mungkin / Photorealistic. Twilight render sendri merupakan tool yang sangat rekomended buat kalian yang ingin melakukan rendering dengan biaya yang minim alias gratis. meskipun gratis, plugin tool yang satu ini cukup menghasilkan gambar render yang tampak nyata.

kalian dapat mengikuti tutorial penggunaan plugin tool ini pada tutorial SketchUp di website ini



Nah itu semua plugin tool yang sangat berguna dan wajib bagi kalian miliki di google sketchup. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya dan saya harap postingan ini dapat membantu kalian semua. 

/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment