Cara Cerdas Memilih dan Membeli Printer 3D



Pada jaman ini kita sudah tidak asing lagi dengan namanya printer 3 dimensi. Printer yang satu ini merupakan alat cetak yang dapat mencetak bentuk 3 dimensi dari model 3D yang kita buat sebelumnya. Dengan adanya alat pencetak 3D ini, semua orang dapat mencetak model 3 dimensi tanpa harus membuatnya secara manual yang di mana membutuhkan skill dan bakat.

Banyak hal yang bisa kalian lakukan dengan memiliki printer 3D ini salah satunya ialah untuk membuat pernak-pernik dengan model 3D, untuk mencetak master cetakan ataupun untuk sekedar hobi. Semuanya bisa kalian lakukan dengan sangat mudah dan gak pake ribet.

Jika kalian perhatikan, banyak produk printer 3D yang bertebaran di pasaran terutama di dunia internet yang menjual printer 3D secara online. Hal ini tentu akan membingunkan bagi kalian yang ingin membeli sebuah printer 3D. Hal ini dikarenakan setiap model printer 3d memiliki kekurangan, kelebihan dan kebutuhan khusus dalam membuat model 3 dimensi.

Nah jika kalian bingung dalam menentukan printer 3D mana yang harus kalian beli, berikut saya beri sedikit tips dan contoh barang dalam membeli printer 3D yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Berapa Uang yang anda miliki?

Harga merupakan salah satu faktor yang penting dalam membeli barang terutama printer 3D. Terdapat banyak printer 3D yang bisa kalian dapatkan dari harga 100$ hingga 1000$ tergantung berapa uang yang kalian miliki. Secara umum semakin mahal harga printer 3D maka semakin bagus dan banyak kelebihan dari produk tersebut.

Tentu sebagai pembeli yang cerdas kita harus bisa membeli barang semurah mungkin dengan barang yang bagus dan sesuai kebutuhan. Hal untuk menghindari kita dalam mengeluarkan uang secara berlebihan untuk barang yang kurang kita butuhkan. Berikut contoh produk printer 3D dengan budget murah dengan kualitas yang lumayan.

Anet A8 Prusa i3 DIY 3D Printer





Merupakan salah satu printer murah yang kami pilih di situs amazon sebagai printer 3d low end yang lumayan bagus. Dengan rating hampir bintang 4 pada situs amazon, cocok bagi kalian yang memiliki budget rendah yang ingin membeli printer 3d.

Trovole A8-W5 Pro DIY LCD Screen Desktop 3D




merupakan salah satu printer 3D murah yang memiliki rating yang bagus di situs Amazon dan cocok bagi kalian yang ingin membeli printer 3d dengan budget yang murah.

Printer 3D dengan harga yang mahal Terbaik di amazon

FlashForge 3D Printer Creator Pro




Merupakan salah satu printer 3d profesional yang memiliki rating yang sangat bagus di situs Amazon dan cocok bagi kalian yang memiliki dana cukup besar untuk membeli printer 3d

Berapa ukuran model 3D yang akan kalian buat

ketika kalian ingin menggunakan printer 3D, pastikan terlebih dahulu bahwa proyek yang sedang kalian kerjakan tidak melebihi dari kapasitas printer 3D yang kalian beli. Sehingga hal akan menghindari kalian dari pembelian barang yang tidak berguna. Rata-rata printer 3d memiliki kapasitas sekitar 6 inch x 6 inch x 6 inch ( 150 mm x 150 mm x 150 mm) ke atas. Namun banyak juga printer 3d yang memiliki kapasitas di atas dan dibawah dari ukuran tersebut. Berikut beberapa produk rekomendasi berdasarkan ukuran kapasitas pembuatannya.

Ukuran mini ( dibawah 140 mm x140 mm x 140 mm)

Monoprice Select Mini 3D Printer V2




Monoprice Mini Delta 3D Printer




Ukuran Sedang ( 140mm x 140mm x 140 mm hingga 160 x 160 x160 )

da Vinci miniMaker 3D Printer





FlashForge 3D Printers




da Vinci Mini Wireless 3D Printer




Ukuran besar ( diatas 160mm x 160 x 160 mm)

Anet A8 Prusa i3 DIY 3D Printer


Monoprice Maker Select 3D Printer v2




Comgrow Creality Ender 3 3D Printer




SainSmart A5 3D Printer HD Touch Screen




Sudah berpengalaman kah anda dalam menggunakan printer 3D?

Hal ini cukup penting dalam memilih printer 3d yang akan kalian beli. Hal ini dikarenakan ketika kalian akan membeli sebuah printer tentu ada printer yang harus kalian rakit sendiri dan ada pula barang yang sudah terakit dengan sendirinya. Jika kalian tidak mengerti hal tersebut kalian akan kebingungan ketika mendapati printer yang kalian beli ternyata harus di rakit sendiri. Namun jangan khawatir tentang masalah tersebut. Setiap produk biasanya akan memberikan instruksi perkitan yang sangat jelas ketika kalian membeli printer 3d.

Material apa yang akan kalian buat menjadi 3D?

Kebanyakan printer 3d menggunakan filamen yang bernama PLA (Vegetable based Plastic). Namun masih banyak jenis filamen yang bisa kalian gunakan untuk membuat model 3D seperti halnya (ABG, PTS, Nylon) dan tidak semua printer dapat menggunakan filamen selain PLA. Sehingga pastikan dahulu apakah printer 3D yang akan kalian beli support dengan material yang akan kalian buat.

Spesifikasi ukuran filamen tertentu

Hal ini kurang terlalu penting namun bisa menjadi pertimbangan dalam membeli printer 3d. Jika kalian mungkin memilki stok filamen yang banyak dengan ukuran tertentu maka lebih baik kalian membeli printer 3d dengan ukuran filamen yang kalian punya. Hal ini dikarenakan harga filamen printer 3d yang cukup mahal.

Kalian dapat melihat contoh harga filamen printer 3d disini

Apakah kalian memiliki spesifik software 3D yang diperlukan?

Apakah kalian pengguna OS Windows, Linux atau Mac OS? Maka perhatikan terlebih dahulu suport program pada printer 3D yang akan kalian beli. Hal ini dikarenakan tidak semua printer 3D suport terhadap OS tertentu sehingga akan mengurangi kesalahan dalam membeli barang

Siapakah yang akan menggunakan printer tersebut

perhatikan siapa pengguna printer 3D tersebut. Jika pengguna printer 3D anak dengan usia di bawah 7 tahun maka pilihlah printer 3d yang tidak memiliki bentuk body yang terbuka. Hal ini untuk mengurangi terjadinya kecelakaan pada pengguna saat digunakan. Berikut contoh printer 3D yang memiliki bentuk yang tidak terbuka.

da Vinci miniMaker 3D Printer



Nah itulah semua penjelasan bagaimana cara memilih printer 3D yang akan kalian beli. Semoga dengan adanya artikel diatas dapat bermanfaat dan membantu kalian semua.

Jika kalian ingin membeli produk di Amazon, kalian dapat melakukannya dengan mudah tanpa harus memiliki kartu kredit. banyak cara agar dapat berbelanja di Amazon tanpa kartu kredit namun cara terbaik dan lebih memdahkan kalian untuk berbelanja ialah dengan menggunakan amazon gift card.
kalian dapat mengikuti tutorial cara menggunakan gift card disni dan membeli giftcard disini yang insyallah terpercaya.

/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment