Cara Memberikan Efek Pada Material Dengan Menggunakan Twilight Rendering Tool


Material merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan rendering pada model 3D yang kita buat. Dengan memberikan komposisi material yang bagus maka akan menghasilkan gambar rendering yang tampak realsistik pula sehingga bisa disimpulkan bahwa material akan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap tingkat photorealistic model ketika kita melakukan rendering.

Pada Twilight rendering tool, pemberian material bisa kalian lakukan dengan cukup mudah. Kalian tidak perlu repot-repot untuk memberikan pengaturan material secara manual untuk membuat sebuah material tampak seperti benda aslinya. Cukup dengan memilih tamplate yang ada maka material akan terbentuk.


Berikut langkah-langkah bagaimana cara memberikan efek pada material model dengan menggunakan Twilight rendering tool pada Googel SketchUp

  • Pertama berilah texture pada model dengan menggunakan tab material SketechUp.
  • Kemudian gunakan  material tool  opada Twilight rendering tool untuk memberikan efek lanjutan pada material yang akan kita render.
  • Pada tab material Twillight, definisikan material yang kalian pilih dengan memilih tamplate yang diinginkan..

  • Jika telah memilih tamplate, kemudian lakukan pengaturan lanjutan apabila dirasa material kurang sesuai dengan selera yang kita inginkan.

Pada gambar diatas terdapat 3 pengaturan yang bisa kalian ubah  

1. Bump

  • Bump : pengaturan ini memungkinkan kalian memberikan efek timbul pada tekstur material sehingga akan tampak lebih realistik.





Untuk dapat memberikan efek timbul tersebut diperlukan gambar tekstur material yang telah di edit dengan menggunakan software editing gambar. Berikut cara membuat tekstur gambar menjadi bump map dengan menggunakan Gimp.


render with Bump map effect



render without Bump map effect


2.IOR 


  • IOR atau Index Of Refraction adalah indeks seberapa besar cahaya yang dipantulkan oleh sebuah material. Jika kalian berikan angka IOR semakin besar maka pantulan cahaya atau bayangan akan semakin besar pula   



Less IOR 


more IOR 


3. Shinness

  • Shinness merupakan tingkat ketajaman cahaya yang dipantulkan oleh material. Semakin besar angka Shinness yang diberi maka tingkat kecerahan cahaya yang dipantulkan oleh material akan semakin tajam.


less Shinness 


more Shinness

Jika telah dirasa cukup maka material yang telah kalian edit sudah siap untuk di render.

/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment