Cara Memilih Efektif Pada AutoCAD 2017


Ketika objek yang telah kita gambar terlalu banyak maka permsalahan yang timbul adalah kita kesulitan dalam memilih objek yang sesuai dengan kehendak kita sehingga waktu akan terbuang sia-sia dan tidak efektif. Untuk menghindari hal itu AutoCAD telah didesain agar dapat cepat dan tepat dalam memilih objek sehingga dapat mempersingkat waktu kerja kita.

Maka dari itu dalam postingan kali ini saya akan tunjukkan kepada kalian tips dan trik dalam memilih secara efektif pada AutoCAD 2017.


Memilih Secara Manual

Didalam AutoCAD memilih secara manual terbagi menjadi 2 yaitu mode arah kanan dan mode arah kiri.

Untuk melakukan mode arah kanan kalian tinggal klik kiri 1x pada lembar kerja yang kosong kemudian arahkan ke kanan maka pemilihan area akan tampak berwarna biru. Pada mode ini objek tidak akan terpilih jika tidak terkena penuh area pemilihan. Bisa kalian lihat pada gambar dibawah.


Untuk melakukan mode arah kiri kalian tinggal klik kiri 1x pada lembar kerja yang kosong kemudian arahkan ke kiri maka pemilihan area akan tampak berwarna hijau. Pada mode ini objek akan terpilih walaupun hanya sebagian yang terkena area pemilihan. Bisa kalian lihat pada gambar dibawah.




Memilih Manual Gaya bebas

Didalam AutoCAD memilih secara manual gaya bebsa juga terbagi menjadi 2 yaitu mode arah kanan dan mode arah kiri

Untuk melakukan mode arah kanan gaya bebas kalian tinggal klik kiri dan tahan pada lembar kerja yang kosong kemudian arahkan ke kanan dan pilihlah area sesuai selera maka pemilihan area akan tampak berwarna biru. Pada mode ini objek tidak akan terpilih jika tidak terkena penuh area pemilihan. Bisa kalian lihat pada gambar dibawah.


Untuk melakukan mode arah kiri gaya bebas kalian tinggal klik kiri dan tahanpada lembar kerja yang kosong kemudian arahkan ke kanan dan pilihlah area sesuai selera maka pemilihan area akan tampak berwarna hijau. Pada mode ini objek akan terpilih walaupun hanya sebagian yang terkena area pemilihan. Bisa kalian lihat pada gambar dibawah.



Memilih Berdasarkan Kriteria Secara Otomatis

Dalam mode ini kalian bisa memilih objek berdasarkan kriteria tertentu seperti jari-jari, luas, tebal garis, warna, jenis garis dll. Untuk melakukan mode pemiliahan kalian tinggal klik kanan pada lembar kerja yang kosong kemudian pilih Quick Select maka kotak pengaturan Quick Select akan muncul


Pada kotak pengaturan Quick Select kalian tinggal atur sesui keinginan kalian seperti jenis objek, nilai area dll. Jika dirasa sudah sesuai tinggal klik ok maka objek akan terpilih sesuai kriteria yang kalian inginkan.



Membatalkan Pemilihan Objek Satu per satu

Jika kita terdapat objek yang tidak ingin kita pilih maka kalian tinggak tekan dan tahan SHIFT kemudian pilihlah objek yang akan kalian batalkan baik dengan mode pilihan kanan atau kiri.


/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment