Membuat Pohon Dengan Menggunakan 3D Tree Maker Pada Google Sketchup


Pohon atau tumbuhan merupakan asesoris tambahan yang dapat memperindah tampilan model yang kita buat. Ketika kita membuat model sebuah rumah atau perumahan, penambahan asesoris seperti tumbuhan dan pepohonan akan menghidupkan susana sehingga dapat memperindah tampilan rumah yang kita buat.Dengan membuat model pohon dengan manual pada SketchUp tentu akan merepotkan dan menambah waktu untuk membuatnya. namun jika kalian ingin membuat pohon dengan cara manual silahkan ikuti tutorial berikut


3D Tree Maker merupakan plugin tool yang dapat membuat model pohon secara singkat dan mudah. Tool ini dapat kalian download secara gratis pada extension store SketchUp. Pada tool ini memliki berbagai macam tumbuhan bunga dan pepohonan yang dapat kalian gunakan untuk memperindah tampilan model kalian. Berikut adalah tutorial bagaimana cara mengguanakan tool yang satu ini. 

  • Buka SketchUp dan klik  untuk membuat pohon baru.
  • Kemudian pilihlah berbagai macam jenis tumbuhan yang dapat kalian gunakan. Lalu letakkan sesuai dengan keinginan kalian.



Jika kalian ingin mengatur struktur pohon yang maka kalian dapat melakukannya dengan cara klik kanan pada pohon kemudian pilih 3DArcstudio tree dan klik tree configuration. Lakukan pengaturan sesuai kebutuhan kalian. Jika dirasa sudah cukup maka klik tombol redraw maka pohon akan berubah sesuai dengan pengaturan yang kalian buat.



Model pohon yang dibuat memliki banyak face sehingga akan memberatkan ketika kalian membuat 1 komplek perumahan yang berisi banyak model pohon. Untuk mengatasi hal itu kalian harus merubah model pohon tadi menjadi proxi. Klik disini untuk penjelasan proxy
untuk merubah pohon menjadi proxy kalian tinggal klik kanan pada model kemudian pilih 3dArcstudio lalu klik change to proxy. Maka tampilan pohon akan menjadi garis-garis sehingga menjadi lebih ringan.  



Kalian juga bisa klik untuk mengubah tampilan seluruh pohon menjadi proxy

/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment