Cara Membuat Texture Normal Map Dengan Menggunakan Gimp


Bagi kalian yang berkecimpung dalam dunia desain 3D dan Photoreaslistic tentu kalian mengenal tentang berbagai macam jenis texture untuk membuat hasil rendering model 3D menjadi Photorealistic.

Normal map merupakan salah satu jenis texture yang digunakan dalam rendering untuk menampilkan texture dari material yang kita buat tampak timbul sehingga menjadi lebih relistik. Maka dari itu saya akan berikan kepada kalian sebuah tutorial bagaimana cara membuat texture normal map sebuah gambar dengan menggunakan Gimp. Berikut tutorialnya.

  • Untuk membuat normal map pertama kalian harus menginstal plugin yang bernama insane bump kedalam gimp kalian. Download insane bump disini
  • Setelah kalian download extract file zip kemudian pindahkan file InsaneBump.exe kedalam folder  C:/ users / nama user / gimp-2.8 / plug-ins
  • kemudian buka Gimp kalian maka plugin Insane Bump siap digunakan.
  • Import gambar texture kedalam Gimp.


  • Pilih menu Filter > Map > InsaneBump maka kotak insame bump akan muncul. Tunggulah sampai proses pembuatan texture selesai, kalian juga bisa melakukan pengaturan sesuai dengan keinginan kalian pada kotak insane bump.



  • Setelah kalian melakukan pengaturan dan proses pembuatan texture selesai lalu klik excute maka berbagai macam texture termasuk normal map akan di export di tempat folder asal dari gambar yang kalian buka.



Gunakanlah hasil dari texture normal map yang sudah jadi untuk rendering dan lihatlah hasilnya.





/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment