Cara Membuat Daftar Isi Berdasarkan Bab Dan Sub Bab Secara Otomatis Pada Apache OpenOffice




Dalam tutorial kali ini saya akan menunjukkan kepada kalian bagaimana cara membuat daftar isi berdasarkan Bab secara otomatis pada Apache OpenOffice. Dengan mengikuti tutorial ini kalian tidak perlu repot-repot untuk membuat daftar isi secara manual yang memerlukan banyak waktu.

Terutama bagi kalian yang sedang membuat dokumen yang memiliki banyak halaman seperti halnya skripsi, membuat buku dll tentu memerlukan sebuah daftar isi pada dokumen tersebut. hal ini bertujuan agar memudahkan para pembaca dalam mencari nomor halaman dari judul bab dinginkan. selain itu, daftar isi juga berfungsi sebagai gambaran umum dari sebuah buku. cukup dengan membaca daftar isi pada sebuah buku, kita dapat mengetahui secara garis besar isi dari buku tersebut.

Untuk membuat daftar isi secara otomotis pada Apache OpenOffice Writer tentulah sangat mudah.
Berikut langkah-langkah untuk membuat daftar isi secara otomatis pada Apache OpenOffice Writer.

  • Pertama bukalah file document kalian.
  • Pada bab dan sub bab laporan kalian berikan style heading 1 dan heading 2 dengan cara drag kalimat yang diinginkan lalu pilih style yang diinginkan pada kotak dialog style and formating pada pojok kira atas lembar kerja atau kalian tekan f11. Pilih heading 1 untuk bab dan heading 2 untuk sub bab.



  • Kemudian pada lembar kerja Apache OpenOffice klik tab Format > indexes and tables > entry



  • Setelah tab entry muncul ubahlah dialog index menjadi table of content



  • Kemudian blok kalimat yang akan di tampilkan pada daftar isi tanpa keluar dari tab entry. lalu klik pada dialog box entry maka kalimat yang kalian blok akan muncul pada kotak dialog. Setalah itu klik insert maka kalimat yang sudah di blok tadi akan tertandai dengan warna abu-abu.



  • Lakukan hal yang sama pada semua kalimat yang akan kalian tampilkan pada daftar isi lalu tutup tab entry.
  • Buatlah halaman kosong pada halaman pertama kemudian klik tab Format > indexes and tables > Indexes and Tables



  • Setalah tab Indexes and table keluar berikanlah judul pada daftar isi kalian lalu uncheck index marks dan check pada outline kemudian klik ok. Maka daftar isi akan muncul secara otomatis berurutan berdasakan nomor halaman seperti gambar dibawah




bagaimana ?? gampang bukan.



/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment