Cara Menggandakan Model Dengan Banyak Secara Cepat Pada Google Sketchup



Untuk menggandakan objek di dalam SketchUp sangatlah mudah yaitu dengan menggunakan move tool lalu tekan ctrl maka objek akan tergandakan dengan sendirinya. Dengan menggunakan cara tersebut kita dapat menggandakan objek dengan jumlah sedikit secara mudah dan cepat. Namun apabila kita menginginkan objek tersebut digandakan dalam jumlah banyak tentu cara tersebut akan sedikit merepotkan dan tidak efektif.

Untuk menggandakan objek dalam jumlah banyak sesuai dengan yang kita inginkan secara cepat, diperlukan plugin yang bernama Copy Along Cuve toolpada SketchUp kalian. Plugin ini dapat mempermudah kalian dalam menggandakan objek dalam jumlah banyak dengan mengikuti alur garis yang kita buat. Berikut adalah tutorial cara menggunakannya.

Untuk kasus dibawah ini kita akan membuat ventilasi bersirip pada jendela  

  • Pertama buatlah garis sepanjang jendela yang akan dibuat ventilasi bersirip



  • Kemudian buatlah sirip ventilasi sesuai kenginan sepert terlihat pada gambar letakkan pada ujung garis dan jadikanlah sebuah group atau component.


  • Setalah itu klik tab extensions dan pilih copy along curve. Select tool akan menjadi aktif kemudian klik group/component sirip jendela lalu klik garis sepanjang jendela yang sudah dibuat tadi  




  • Setelah itu lakukan pengaturan sesuai keinginan. Untuk mentukan berapa jumlah objek yang di gandakan lakukan perubahan pada jarak objek sehingga terjadi perubahan pada jumlah objek yang di copy seperti pada gambar dibawah




dan seperti inilah hasilnya.  


/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment