Cara Memberi Texture Bergambar Di Permukaan Yang Bergelombang Pada Google Sketchup



Dalam melakukan maping pada permukaan yang datar dan tidak bergelombang SketchUp dapat melakukannya dengan cukup simple dan mudah namun apabila permukaan yang akan di maping tidak lurus dan bergelombang maka hasil texture yang diberikan akan menjadi berantakan seperti pada gambar bawah


Untuk melakukan maping pada permukaan yang bergelombang tersebut diperlukan plugin tool tambahan yaitu SketchUV yang dapat kalian download secara gratis. Berikut adalah tutorial bagaimana cara mengunakan SketchUV untuk maping di SketchUp
setelah kalian download dan kalian install SketchUV plugin tool buka file SketchUp yang akan kalian maping. Disini saya akan menggunakan bentuk bantal dengan sisi atas dan bawah yang terpisah



  • Pilih permukaan yang akan diberi texture kemudian atur posisi view sesuai keinginan. Hal ini dikarenakan posisi view akan berpengaruh terhadap posisi maping yang diberikan. Saya sarankan untuk menggunakan parallel projection dengan posisi berada diatas



  • Kemudian klik SketchUV tool  dan klik kanan pada permukaan yang sudah di pilih kemudian pilih planar map (view). Disana terdapat beberapa pilihan untuk melakukan maping untuk bentuk yang di khususkan. Anda bisa mencobanya sendiri namun dalam hal ini penggunaan planar map (view) di khusukan pada bentuk datar yang bergelombang atau tidak rata




  • Setelah hasilnya terlihat seperti diatas maka selanjutnya ialah gunakan palet/sample paint pada permukaan yang sudah termaping sehingga akan terbaca pada tab material




  • Selanjutnya ganti nama pada kotak dialog nama material dan buka tab edit lalu ganti material dengan gambar yang anda inginkan




  • Lakukan hal yang serupa pada permukaan bantal yang satunya dan beginilah hasilnya



/* www.3dbagus.com

No comments:

Post a Comment